Minggu, 30 Juni 2013


Ilustrasi Tips kecantikan Tradisional Merawat Mata

Pepatah mengatakan, "Mata adalah jendela tubuh dan hati"

Mata adalah kunci dari agar penampilan kita menarik. Namun kadang kesibukan atau pekerjaan membuat kita tidur larut malam, akibatnya mata menjadi sembab dan berkantong, berwarna agak kehitaman di sekitar mata. Hal ini tentu sangat mengganggu penampilan kita. Sebelum menghilangkannya, kita juga harus tahu faktor apa yang mendukung munculnya lingkaran hitam di mata, jika ada yang menjadi kebiasaan kita maka kita harus mengubah kebiasaan kita.

Faktor apa saja yang bisa menyebabkan lingkaran hitam di mata?
1. Anemia ( Kekurangan Zat Besi )
Mungkin semua sudah tahu ya, kekurangan zat besi membuat kulit di sekitar mata menghitam atau agak kebiruan. Untuk mengatasinya, konsumsi makanan yang tinggi zat besi beserta makanan yang membantu penyerapan zat besi di tubuh. Apa saja? Diantaranya: telur, daging, sayur, susu, keju dll

2. Dehidrasi/ kekurangan air minum putih/ cairan
Untuk mengatasi lingkaran hitam karena dehidrasi, tentu tertib mengkonsumsi air putih. Selain bagus untuk mata, air putih juga jagonya menjaga metabolisme tubuh kita. Usahakan minum minimal 2 liter air sehari agar kulit juga bagus.

3.Kurang tidur ( tidur terlarut malam)
Salah satu penyebab lingkaran hitam di mata adalah kurangnya tidur atau istirahat. Jadi usahakan tidur 6-8 jam sehari agar kesehatan dan kecantikan terjaga.

4. Fluida retensi
Fluida retensi adalah pembuluh darah di bawah mata dapat menjadi membesar, sehingga menyebabkan warna di sekitar mata jadi biru kehitaman. Penyebanya adalah terlalu banyak mengkonsumsi garam atau merokok.

5.Genetik / keturunan

6. Alergi
Penyebag lingkaran hitam di mata bisa juga karena alergi debu, serbuk , atau hewan peliharaan yang membuat orang menggosok-gosok matanya sehingga terlihat lebih lebam.

7.Penipisan Kulit
Pinipisan kulit terjadi karena penambahan usia ataupun paparan sinar matahari


Bagaimana cara tradisional merawat mata agar tetap cantik ?

  • Pastikan mengkonsumsi air putih yang cukup setiap hari
  • Pastikan istirahat atau tidur yang cukup
  • Gunakan krim mata yang mengandung tabir surya atau SPF di sekitar mata untuk aktivitas di bawah matahari langsung
  • Kurangi konsumsi garam yang berlebihan
  • Konsumsi buah-buahan dan makanan yang menguatkan pembuluh darah yaitu makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti bawang, kacang-kacangan, bluberry, peterselly, teh, kismis dll
  • Gunakan  atau irisan buah-buahan sebagai berikut 


  1. Tomat, Kunyit dan lemon : parut seujung kuku kunyit, campur dengan tomat yang sudah dibelender, tambahan sedikit perasan jeruk lemon, aplikasikan seperti masker di sekitar mata, tunggu sampe 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih. lakukan seminggu sekali atau dua kali. Tomat untuk memberi nutrisi kulit sekitar mata, jeruk untuk mengangkat kotoran, kunyit untuk memberi warna lebih cerah.
  2. Irisan timun : Gunakan irisan mentimun tipis di mata, aplikasikan kurang lebih 15 menit seminggu 2 kali. 
  3. Minyak Almond : oleskan minyak almond setiap hari sebagai krim mata alami.
  4. Air Mawar : Kompres mata dengan air mawar. lakukan setiap hari menjelang tidur kurang lebih 10 menit.
  5. Campuran Timun dan Tomat : blender timun dan tomat lalu aplikasikan sebagai masker di sekitar mata kurang lebih 10 - 15 menit seminggu dua kali.