Selasa, 25 Juni 2013

                                                                                Gambar : Ilustrasi rambut kering

Sista, mempunyai jenis rambut kering dan kusam pasti sangat mengganggu penampilan, selain jenis rambut ini sering kusut dan sulit diatur, rambut menjadi lemah dan sangat mudah rontok. Rambut yang kering harus diberikan kelembaban yang ekstra karena ambut kering disebabkan oleh kurangnya kelembaban dan nutrisi dari dalam kulit rambut.

Dari berbagai sumber yang kami rangkum, berikut beberapa pilihan perawatan rambut kering, sista bisa sesuaikan dengan persediaan bahan yang bisa Sista cari atau ada di rumah :)

Kondisioner Mayonaise + Alpukad
Sista bisa membuat condosioner yang mudah, yaitu dengan cara buatlah campuran dua sendok makan mayonaise dan satu buah alpukad. Aduklah merata hingga tekstur avokad terasa lembut. Sebaiknya gunakanlah pada rambut yang agak basah sambik memberikan pijitan ringan. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Gunakanlah secara rutin untuk mempunyai rambut yang mengkilap dan menawan.
Minyak kemiri
Sangrai beberapa biji kemiri lalu tumbuk hingga halus. Kemudian, tambah sedikit minyak esensial. Setelah itu, usap merata pada rambut anda mulai dari akar hingga ujung rambut. Tunggu kurang lebih 10 hingga 15 menit hingga rambut mulai kering. Setelah itu keramas menggunakan sampo kesayangan anda lalu bilas hingga bersih. Untuk hasil yang memuaskan, lakukan dua kali dalam seminggu. Rambut kering anda akan tampak lebih hitam berkilau, sehat, dan terurai. Cara perawatan rambut kering tersebut bisa anda praktekan sendiri tanpa bantuan ahli kecantikan dari salon mahal

Masker Telur
Pengobatan telur – Gunakan telur utuh untuk penkondisian rambut Anda. Jika Anda memiliki rambut kering atau rapuh, gunakan putih telur untuk melembabkan rambut Anda. Gunakan ½ cangkir setiap campuran telur (putih telur, telur keseluruhan) dalam keadaan rambut basah. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air dingin.

Minyak Almod
Gunakan minyak almond untuk merawat rambut kering dan rusak. Ini adalah prosedur yang sangat sederhana, tuangkan sedikit minyak almond dalam mangkuk dan panaskan selama 40 detik. Kemudian oleskan merata pada rambut Anda. Diamkan selama 30 menit dan kemudian bilas dengan sampo dan kondisioner menggunakan air dingin.

Masker Pisang
Buat adonan campuran 1 buah pisang, 3 sdm mayonnaise plain 1 sdt minyak zaitun sampai terbentuk seperti pasta atau krim. Aplikasikan atau oleskan pada rambut dalam keadaan kering dengan ramuan yang telah dicampur rata. Pastikan ramuan hanya dioleskan pada batang rambut saja, bukan di kulit kepala. Setelah rata dan menyeluruh, bungkus rambut dengan handuk hangat sekitar 15-20 menit. Pastikan handuk tetap hangat agar ramuan dapat merasuk lebih efektif. Bilas dengan air hangat dan keramas seperti biasa. Jangan lupa gunakan conditioner di bagian ujung rambut setiap sehabis keramas dengan shampoo. Bilas kembali hingga bersih.


Hal yang harus dihindari untuk mengurangi faktor penyebab rambut kering

- hindari keramas tiap hari, karena akan mengurangi kelembaban alami kulit kepala

- hindari  menyisir saat rambut masih basah, tunggulah sampai kering agar akar rambut lebih kuat. karena saat basah akar rambut pun melunak sehingga lebih mudah rontok

- kurangi atau hindari mengikat rambut terlalu lama, karena rambut akan kurang beristirahat

- meminimalkan penggunaan zar kimia pada rambut, misal pewarna, jika pakai pewarna rambut, berikan nutrisi pada rambut dengan masker tradisional di atas
 :)