Kamis, 27 Juni 2013

Gambar Ilustrasi : Menghilangkan Noda Bekas Jerawat
Jerawat merupakan masalah kulit yang sering menghinggapi wajah kita, terutama anak remaja atau kita yang memiliki kulit berminyak. Jerawat dan noda bekasnya bisa sangat mengganggu percaya diri kita berhubungan dengan penampilan.

Sebelum kita membahas cara menghilangkan noda jerawat, kita harus tahu apa saja faktor penyebab munculnya jerawat, agar pola hidup yang lain bisa kita jaga sambil kita merawat menghilangkan noda bekas jerawat.


Faktor penyebab munculnya jerawat:
1. Kebiasaan memencet atau memegang muka berjerawatTangan kita, terutama bagian telapak dalam, adalah bagian tubuh yang paling banyak berkontak dengan segala sesuatu baik yang bersih, tampak bersih atau kotor. Tanpa kita sadari banyak bakteri atau kuman yang ada ditangan kita. Jika kita sering memegang wajah atau jerawat tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, akan berakibat memindahkan bakteri atau kuman ke kulit.  Jadi hilangkan kebiasaan memencet atau memegang jerawat. Jerawat juga kalau dipencet justru akan merusak jaringan kulit kita, sehingga berakibat kulit berlubang atau bopeng. Jadi jika sudah muncul jerawat, rajin membersihkan wajah, jangan memegang wajah jika tangan tidak higienis.

2. Kosmetik
Pemilihan kosmetik yang salah bisa membuat kulit berjerawat. Misalnya, memakai bedak atau foundation yang bertekstur creamy atau two way cake. Penyebab lainnya, tidak membersihkan wajah setelah memakai kosmetik dan membersihkan wajah menggunakan produk beralkohol tinggi. Disarankan untuk menggunakan bedak tabur atau kosmetik mineral. Untuk pembersih wajah, gunakan yang memiliki kandungan pH seimbang.

2. Hormon
Hormon berperan sangat besar dalam pembentukan jerawat. Maka tidak heran, ketika menjelang haid kulit sering muncul jerawat, karena pada saat itu hormon tidak seimbang. "Hormon pada jerawat disebut hormon androgen. Nah androgen meninggi saat masa pubertas, mendekati siklus haid dan stres," jelas dokter kulit lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu. 

3. Gaya Hidup
Gaya hidup yang tidak sehat menjadi salah satu faktor timbulnya jerawat. Orang yang suka minum alkohol, perokok, kurang istirahat dan stres, bisa meningkatkan hormon androgen. 

Androgen dapat meningkatkan produksi kelenjar minyak, jadi ketika gaya hidup tidak sehat maka aktivitasnya bertambah. Maka minyak bisa tersumbat, apalagi jika di permukaan kulit tertutup oleh make-up maka akan meradang dan timbul jerawat.

4. Makanan
"Makanan sebetulnya masih kontroversi. Banyak penelitian hasilnya nggak konsisten, ada yang bilang berhubungan ada yang bilang tidak berhubungan. Tapi menurut saya, itu tergantung dari individual masing-masing yang memang pada setiap kali makan makanan tertentu mereka jadi jerawatan, maka dihindari aja makanan tersebut. Contoh makanan yang dapat menimbulkan jerawat: kudapan yang mengandung lemak tinggi seperti daging, produk susu (susu, yoghurt, keju), beberapa jenis kacang dan makanan dengan kadar gula tinggi (es krim dan coklat).

5. Genetik
Adalah faktor genetik, yang merupakan faktor turunan dari orangtua. Ketika orangtuanya berjerawat, maka aktivitas kelenjar minyak si anak menjadi lebih produktif, sehingga jerawat akan sangat mudah timbul. Faktor keturunan itu biasanya lebih sulit diobati.

6. Mikroorganisme
Jerawat timbul karena bakteri. Bakteri yang masuk ke dalam tubuh lewat jaringan kulit. Bakteri tersebut kemudian mengeluarkan racun yang bisa membunuh sel-sel baik di sekitarnya. Sehingga dapat menumbuhkan jerawat.



Cara Menghilangkan noda bekas jerawat
Ada beberapa cara tradisional dan alami untuk menghilangkan noda bekas jerawat :

Ubi Kayu

Ambillah sepotong ubi kayu lalu kupas dan buang kulitnya. Kemudian bersihkan lalu parut secukupnya. Setelah itu campurkan dengan air secukupnya dan aduk sampai rata. Saring dan peras parutan ubi kayu tersebut untuk mendapatkan airnya. Cucilah muka anda atau poles ke muka anda seperti melakukan masker wajah biasanya. Lakukan selama seminggu dan lihat hasilnya.


Kayu Manis

Cara 1
- Tumbuk beberapa biji potongan kulit batang kayu manis dan buat menjadi seperti serbuk kayu yang halus. Caranya masih sama seperti point nomor 1, campurkan dengan sedikit air dan oleskan ke bekas jerawat dan coba lakukan tips ini selama seminggu. Lebih bagus dilakukan saat bangun tidur di pagi hari.

- Cara 2
Masih menggunakan irisan / potongan kulit batang kayu manis. Buat menjadi serbuk / hancurkan sampai halus dan campurkan dengan Madu. Tempelkan campuran serbuk kulit batang kayu manis dengan madu tadi ke bekas jerawat. Dan diamkan sampai kering. Tips ini lebih bagus anda coba saat mau tidur, sehingga akan lebih maksimal prosesnya


Daun Sirih

Ambil 15 atau lebih daun sirih yang masih muda, cuci dengan air bersih dan tumbuk sampai halus. Sebelum di oleskan ke bekas jerawat, sebaiknya bersihkan / cuci wajah anda dengan air suam terlebih dahulu. Kemudian oleskan tumbukan daun sirih muda tersebut ke bekas jerawat atau seluruh muka, diamkan selama 30 menit atau sampai kering. Kemudian cuci wajah anda menggunakan sabun sampai bersih. Lakukan rutin 3x seminggu

Kulit Pisang Klutuk

Gunakan kulit pisang Klutuk (pisang batu) yang sudah matang untuk di usapkan secara rutin ke seluruh permukaan wajah. Lakukan sebelum mandi, dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu sebelum anda mandi, bilaslah dulu bekas olesan kulit pisang tersebut menggunakan air TEH yang sudah basi (Buat Teh 1 gelas dan biarkan dingin selama lebih dari 24 jam, lebih bagus lagi kalau malamnya anda taruh di luar rumah agar terkena embun).

Biji/Buah Pinang

Tumbuk biji / buah pinang yang sudah agak tua sampai halus / lembut, campurkan dengan bunga mawar dan aduk sampai rata dan buat jadi masker. Lakukan rutin selama seminggu dan lihat hasilnya.


Tomat
Umumnya tomat dikenal sebagai bahan dapur, namun jangan salah, tomat juga bisa membantumenghilangkan bekas jerawat. Tomat kaya akan vitamin A yaitu vitamin sangat bermanfaat untuk merangsang Kolagen. Kolagen sendiri adalah zat tubuh yang berperan penting dalam pembentukan kulit. Iris tomat tipis-tipis dan tempelkan pada wajah selama 10-15 menit.

Pepaya
Pepaya banyak digunakan sebagai bahan kecantikan. Pepaya mengandung papain, yaitu enzim yang dapat mengurangi peradangan. Penggunaanya bisa langsung dikonsumsi maupun digunakan sebagai masker. Penggunaan pepaya untuk menghilangkan bekas jerawat yaitu digunakan sebagai masker. Masker pepaya ini bisa membuka pori-pori yang tersumbat, menghilangkan minyak, dan sel-sel kulit yang sudah mati. caranya cukup mudah, oleskan pepaya yang sudah dihaluskan ke wajah sampai mengering, biarkan selama15-20 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Putih Telur dan Madu

Putih telur baik untuk perkembangan otot tubuh, namun putih telur juga bisa menghilangkan bekas jerawat. Begitu pula dengan madu, cairan ajaib ini senantiasa digunakan untuk berbagai pengobatan. Agar mendapat hasil yang maksimal maka gabungkan kedua bahan tersebut. Caranya, campur putih telur tersebt dengan madu, kemudian oleskan pada bekas jerawat secara rutin dan teratur.