Kamis, 04 Juli 2013


Banyak sekali wanita yang mendambakan rambut yang lurus jatuh seperti di rebonding, namun untuk wanita yang dinamis kadang ingin berganti suasana dengan mengganti tampilan rambut menjadi ikal bergelombang.
Cara membuat rambut ikal bergelombang dengan alat catok keriting elektrik memang memberikan hasil yang lebih cepat. Namuuunn, kembali ke efek samping dari penggunaan alat elektronik untuk tata rambut kita. Suhu yang panas dengan frekuensi yang sering dapat merapuhkan rambut sehingga rambut mudah patah dan rontok. Jika Anda pengguna alat tata rambut elektronik yang lumayan sering, imbangi dengan asupan nutrisi yang bagus untuk rambut. 

Atau tidak ada salahnya memanjakan rambut kita dengan cara tradisional. Cara tradisional selain lebih ramah dengan rambut kita, ramah juga dengan dompet kita alias lebih hemat :) Yang pasti kita harus tahu cara tradisional di bawah tidak akan memberi hasil yang tahan lama seperti pakai obat dan alat listrik. Metode tradisional dibawah hanya untuk kita yang ingin ganti suasana rambut tanpa merusak rambut :)

Apa saja cara alami dan tradisional membuat rambut ikal bergelombang?

1. Gunakan roll rambut / atau kertas koran gulung/ kertas tissue
ambil kertas koran bekas, gunting memanjang, pilin menjadi gulungan kecil, lalu gulungkan rambut di gulungan kertas korang seperti menggunakan roll rambut.Lebih lengkapnya..

Tissue kotak atau kertas koran atau, potong menjadi dua bagian sama panjang (biar hemat). Bagi rambutmu. Membagi rambut jangan terlalu besar, agar nanti ketritingnya terlihat jelas. Gulung bagian-bagian rambutmu dengan tissue tersebut. Caranya? Jepit ujung rambut diantara tissue yang kamu lipat menyilang. Gulung helai-helai rambut tersebut sampai ke atas. Just twisting and rolling it. Kemudian kunci gulungan dengan mengikat kedua ujung tissue. Lakukan setelah keramas dan rambut masih sedikit basah.

Ilustrasi penggunaan kertas pilin (sumber:http://arletafenty.files.wordpress.com)

2. Dengan foam rambut ( tips dari vemale.com)
Saat rambut dalam keadaan setengah kering, beri foam yang akan menjaga bentuk rambut.
Ambil sedikit bagian rambut, gulung seperti di dalam video, ikat dengan karet rambut. Lakukan hingga semua rambut tergulung.
Tunggu hingga setidaknya dua jam.
Perlahan, buka ikatan karet rambut.
Beri gel rambut atau hair clay agar bentuk rambut ikal lebih tahan lama.
Remas-remas rambut untuk memberi efek ikal alami, tidak perlu memakai sisir.
Sekarang rambut sudah ikal alami tanpa catok keriting.

3. Kepang rambut 
Mengepang rambut akan meninggalkan jejak di rambut sehingga memberi kesan bergelombang. Jika hendak membuat efek ikal dengan mengepang, kepanglah bagian rambut yang diinginkan lebih ikal, tunggu 2 jam dan buka kepangan.

4.Batang Waru/batang daun singkong
Jika kita ingat-ingat waktu kecil, kita sering main salon-salonan membuat rambut ikal dengan batang waru. 
Ambil batang kecil daun watu, pecah batangnya, lalu gunakan untuk memilin rambut, dan ikat.
Tunggu beberapa jam, dan buka ikatan. Dapatkan rambut ikal alami