Kamis, 04 Juli 2013


Di jaman yang serba modern ini sudah banyak pilihan pewarna rambut. Tidak ada yang salah selama tetap dilakukan perawatan. Namun tetap ada saja wanita yang memilih memiliki rambut hitam dan sehat.
Rambut hitam memberi kesan sederhana namun elegan, misterius, bisa masuk ke semua suasana dan kalangan komunitas. Rambut hitam juga memberi kesan kecantikan yang alami.

Untuk mendapatkan rambut yang hitam bisa secara instan bisa juga pelan. Cara instan tentu cukup melakukan pewarnaan rambut hitam. Yang pasti untuk cara instan memang cepat dan praktis, namun memiliki kekurangan yaitu akan cepat luntur juga. Untuk memperoleh warna hitam alami bisa dibantu dengan memanfaat bahan-bahan alami dan tradisional yang ada disekitar kita, dan tentu saja memerlukan waktu lebih lama dan membutuhkan konsistensi dalam merawat. Namun, meski cara tradisional lama, tetap memiliki kelebihan, selain lebih murah cara tradisional tidak memberikan efek samping yang merugikan.


Ada beberapa pilihan cara alami dan tradisional merawat agar rambut hitam berkilau



1. Biji Pepaya

Dengan menggunakan biji pepaya kita bisa menghitamkan rambut secara alami. Caranya dengan mengambil biji pepaya, kemudian sangrai hingga kering lali tumbuk biji pepaya yg sudah di sangrai hingga halus tersebut selanjutnya beri sedikit air dan ratakan di rambut dengan cara dioleskan. Biarkan sampai kering, tunggu 15-20 menit dan terakhir bilas dengan air bersih. Lakukan ini beberapa kali untuk hasil yang maksimal.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya dari jaman dulu sampai sekarang sudah digunakan untuk kesehatan rambut. Dan lidah buaya dipercaya dapat menghitamkan rambut dengan cepat. Cara menggunakan lidah buaya dengan cara mengambil 1 batang lidah buaya lalu patahkan lidah buaya menjadi beberapa bagian kemudian oleskan lendir lidah buaya di rambut secara merata. Lalu Biarkan sampai kering dan tunggu 15-20 menit. Dan terakhir bersihkan dengan air bersih. Lakukan secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal

3. Merang Padi

Merang padi dipercaya dapat menghitamkan rambut secara alami. Cara menggunakan merang pada yaitu dengan mengambil satu ikat merang padi lalu masukkan ke dalam bejana dari tanah liat dan bakar hingga menjadi abu. tuang air bersih dan beri perasan air jeruk nipis satu buah selanjutnya diamkan selama semalam. Ambil air yg bersih yg terdapat di permukaan dan gunakan untuk keramas tanpa menggunakan shampo. Lakukan hal ini 3x dalam seminggu maka hasilnya sangat luar biasa.

4. Minyak Kemiri

Kemiri adalah bahan yang paling banyak digunakan orang untuk menghitamkan rambut. Cara menggunakan kemiri ini dengan cara mengambil dan menumbuk biji kemiri 350 gram hingga halus kemudian di masak dengan menambahkan air kurang lebih satu gelas lalu di aduk hingga air rebusan tersebut hingga mendidih. Buang ampasnya & airnya kita dinginkan hingga mengental. Setelah dingin, mulailah oleskan pada permukaan kepala hingga ujung rambut. Gunakan seperti menggunakan minyak rambut. Dengan beberapa kali menggunakan cara ini maka rambut anda akan hitam dan berkilau.

5. Menggunakan Buah Alpukat



Buah alpukat juga sering digunakan untuk merawat dan menghitamkan warna rambut. Caranya dengan menghaluskan saja buah alpukat kemudian beri campuran santan & minyak zaitun kemudian aduk hingga rata. Hangatkan ramuan tersebut hingga 20 detik pada microwave. Setelah itu, oleskan pada akar hingga ujung rambut sambil diikuti dengan pemijatan lembut pada kulit kepala untuk merangsang penyerapan ramuan ke dalam kulit kepala. Diamkan beberapa saat kemudian bersihkan. Lakukan hal ini secara rutin maka akan menghitamkan rambut secara alami dan membuat rambut menjadi sehat.

6. Jus wortel


Selain mempertajam daya penglihatan, manfaat jus buah yang satu ini juga bisa untuk menghitamkan rambut. Kandungan Karotenoid di dalamnya mampu menjaga kesehatan pigmen warna rambut.

7. Minyak Wijen


Jangan anggap remeh kemampuan minyak yang satu ini. Jika digunakan secara teratur, niscaya dapat membuat rambut anda hitam lebat.

8. Air Lemon


Oleskan air lemon pada batang dan kulit rambut secara teratur. Selain dapat menghitamkan rambut, juga merupakan cara menghilangkan ketombe dengan harga yang sangat murah.

9. Minyak Bunga Sepatu


Oleskan sebelum keramas dan diamkan beberapa menit. Bilas menggunakan shampoo dan air dingin.

10. Pelindung Kepala


Saat terik matahari jangan biarkan rambut kita kepanasan. Gunakan pelindung kepala untuk menjaga pigmen warna rambut agar tetap sehat.

11. Teh basi


Kedengarannya terlihat aneh, namun literatur yang pernah admin baca, ternyata teh basi ( didiamkan 1 malam ) dapat membuat rambut menjadi hitam. Selain itu juga berkasiat untuk menghambat pertumbuhan uban.



Itulah beberapa cara untuk menghitamkan rambut secara alami dan cepat. Dan tentunya akan membuat rambut anda menjadi sehat dan tampak berkilau. Yang perlu anda lakukan sekarang adalah melakukannya secara rutin dan tekad yang kuat maka anda akan mendapatkan rambut yang sehat dan hitam alami. Selamat mencoba. semoga bermanfaat.



disarikan dari berbagai sumber