Kamis, 04 Juli 2013

Ilustrasi membuat Lulur Pemutih Alami 

Siapa sih yang tidak mau badan putih bersih seperti artis? Hampir setiap wanita pasti menginginkannya.
Sista, Pada dasarnya warna kulit tidak bisa diubah total, kita hanya bisa mencerahkan beberapa tingkat dari warna asli tubuh kita. 
Sekarang ini ada banyak pilihan cara untuk memutihkan dan mencerahkan badan, dari cara instan sampai cara perpaduan tradisional dengan teknologi. Namun kita sebagai wanita harus lebih jeli memilih produk yang ada di pasaran , karena banyak sekali produk yang menggunakan bahan kimia yang memang cepat proses kerja nya namun tanpa kita tahu berbahaya untuk kulit, seperti mengandung merkuri dll. 
Untuk wanita yang sibuk kita bisa memilih produk terpercaya yang jelas produsennya, jelas kandungan bahannya, sehingga aman untuk kulit kita. Namun tidak salah juga kalau kita menyisihkan waktu seminggu sekali untuk memanjakan tubuh kita dengan perawatan yang memutihkan badan dengan bahan-bahan tradisional yang ada di sekitar kita.

Apa saja cara alami memutihkan badan? Bagaimana membuatnya?

1. Lulur bengkoang Original

Bengkoang diparut hingga didapatkan jumlah yang diinginkan, lalu balurkan ke sekujur tubuh dan wajah, disertai dengan gerakan pijatan memutar agar kotoran terangkat. Ampas bengkoang akan menjadi scrub alami untuk mengangkat kotoran. Diamkan beberapa menit agar vitamin C yang terkandung dalam bengkoang dapat diserap dengan baik oleh kulit. Bersihkan dengan air dingin.

2. Lulur bengkoang dengan campuran tepung beras

Tepung beras banyak digunakan oleh wanita jepang untuk merawat kulit, karena mengandung vitamin E yang membuat kulit awet muda. Beras juga dapat menjaga elastisitas kulit, serta melindungi kulit dari sengatan matahari. Mencampurkan tepung beras dan bengkoang akan meningkatkan manfaat yang dapat diterima oleh kulit: vitamin E, dan vitamin C.

Cara membuat:
Campurkan tepung beras dengan parutan bengkoang, aduk hingga rata. Tambahkan sedikit air untuk mendapatkan kekentalan/kepadatan yang diinginkan, lalu jadikan lulur kulit. Balurkan dan pijat tubuh dengan lulur ini, diamkan beberapa saat agar kandungan lulur teresap sempurna, lalu bersihkan dengan air dingin.

3. Lulur bengkoang dengan campuran tepung beras dan susu/yogurt

Susu atau yogurt berkhasiat untuk mencerahkan kulit. Jika Anda ingin mendapatkan kulit yang sehat dan tampak lebih cerah, gunakan lulur campuran bengkoang, tepung beras, dan susu/yogurt.

Cara Membuat:
Campurkan parutan bengkoang, tepung beras, 3 sendok makan susu/2 sendok makan yogurt, serta 1 sendok teh perasan jeruk lemon, lalu jadikan lulur mandi. Gosok dan pijat lembut kulit, diamkan beberapa saat, lalu basuh dengan air dingin.
Kulit akan mendapatkan manfaat, bahkan sejak pemakaian pertama. Selamat mencoba!


4. Lulur kombinasi susu, minyak zaitun, garam, lemon

Bahan yang dibutuhkan antara lain:
Minyak zaitun
Minyak zaitun berkhasiat untuk menghaluskan dan mengencangkan kulit. Minyak zaitun adalah bahan yang hampir selalu ada pada setiap produk kosmetik, karena manfaat penghalus alami ini.
Gula atau garam
Gula dan garam bermanfaat sebagai scrub alami, yang akan mengikis lapisan kulit terluar. Lapisan kulit terluar biasanya terdapat banyak sel kulit mati dan juga kotoran yang menempel setelah aktivitas.
Susu
Susu berkhasiat untuk meremajakan dan mencerahkan kulit. Menggunakan susu secara rutin untuk kulit dapat membuat kulit tampak lebih putih dan cerah.
Yogurt
Yogurt juga bisa digunakan untuk memutihkan dan mencerahkan kulit, namun keunggulan yogurt dibanding susu adalah yogurt juga berkhasiat untuk menghaluskan kulit.
Sari jeruk lemon
Sari jeruk lemon dapat membuat kulit terlihat lebih cerah. Selain itu, mengandung banyak sekali vitamin C yang dibutuhkan oleh kulit. Sebagai pengganti jeruk lemon, kamu bisa menggunakan jeruk nipis atau bengkoang, karena mengandung vitamin C yang sangat berlimpah.

Cara membuat:

Campurkan semua bahan dengan takaran yang disesuaikan dengan kebutuhan kulit, lalu balurkan ke daerah kulit yang diinginkan disertai dengan pijatan lembut agar kotoran dan sel kulit mati terangkat, lalu basuh dengan air dingin.

Gunakan 2 – 3 kali seminggu pada sore atau malam hari