Jumat, 21 Juni 2013



1. Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang dapat mencerahkan kulit. Jadi tak heran banyak produk perawatan yang menggunakan lemon sebagai bahan dasarnya. Lemon juga menjadikan kulit lebih bersih, bebas kusam dan dapat memudarkan flek hitam. Bahkan jika Anda merawatnya setiap hari, dalam waktu sekitar dua minggu, warna kulit wajah sudah terlihat perubahannya.


Pastikan sebelum melakukan perawatan ini, Anda telah mencuci wajah dengan bersih. Mulailah dengan memotong lemon menjadi dua, lalu peras lemon ke mangkuk. Celupkan kapas pada air lemon, lalu gosokkan kapas ke wajah dengan gerakkan melingkar. Sebaiknya, lakukan perawatan ini pada malam hari. Diamkan sisa lemon pada wajah, tanpa perlu dibilas dan biarkan semalaman agar kandungan meresap pada kulit.

2. Bengkuang
Menggunakan bengkuang sebagai masker wajah secara rutin dapat menghilangkan noda hitam pada wajah akibat jerawat karena mengandung pachyrhizon, rotenon, vitamin B1 dan vitamin C. Secara turun temurun, masker bengkuang terbukti dapat mencerahkan kulit. Lihat banyak produsen kocantikan yang memakai bengkuang sebagai bahan utama untuk memutihkan kulit. Selain efektif, penggunaan masker bengkuang untuk memutihkan wajah sangat alami dan tidak berbahaya.

Cara Membuat Masker Bengkuang:

* Kupas kulit bengkuang. Cuci bersih.
* Parut bengkuang lalu peras airnya. Tampung air bengkuang dalam gelas bening, buang ampasnya.
* Diamkan air bengkuang tersebut selama 30 menit, akan ada endapan warna putih di dasar gelas.
* Buang air endapan yang berwarna bening di bagian atas, biarkan endapan warna putih susu di bagian bawah karena itu yang akan dipakai.

3. Susu
Susu merupakan salah satu bahan alami yang dipercaya dapat memutihkan kulit. Susu memiliki bahan yang melawan flek serta mencerahkan kulit. Berendam atau membasuh wajah dengan susu dikabarkan bisa mengurangi bintik hitam dan meningkatkan warna kulit. 

4. Pepaya
Kandungan enzim papain dalam pepaya dipercaya dapat bantu mengangkat sel kulit mati dan memberi ruang untuk sel kulit baru tumbuh. Dengan kemampuannya itu, pepaya yang dijadikan masker wajah bisa menghilangkan flek hitam di wajah. 

Untuk membuat masker pepaya, campur beberapa potong pepaya dengan minyak almond secukupnya. Hancurkan sampai menjadi larutan seperti masker wajah. Oleskan ke wajah Anda dan diamkan selama 15 menit lalu basuh dengan air hangat. Setelah wajah Anda bersih tepuk-tepuk dengan handuk lalu oleskan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit.



5. Masker Teh Madu
Teh mengandung zat antioksidan yang baik untuk merawat kulit serta mencegah kanker serta dapat mengikis noda-noda hitam di wajah sehingga kulit terlihat lebih bersih dan cerah. Sedangkan madu ampuh mengatasi jerawat yang masih meradang seperti jerawat kemerahan yang terasa gatal dan ukurannya besar-besar madu juga dapat melembabkan kulit secara maksimal.

Bahan:
* 100 ml air teh (didinginkan terlebih dahulu)
* 2 sdt tepung beras
* 1/2 sdm madu

Caranya:
* Campurkan semua bahan hingga merata. Maskerkan pada wajah dan diamkan selama 20 menit hingga kering.
* Bersihkan wajah dengan menggunakan sponge khusus untuk wajah. Sesekali dimassage dengan gerakan melingkar sehingga sel-sel kulit mati dapat terkelupas.
* Basuh wajah kembali dengan air dingin.
* Lakukan 1-2 kali seminggu agar kulit wajah lebih putih dan cerah.

6. Masker Jeruk Nipis dan Oatmeal
Jeruk nipis berkhasiat mencerahkan kulit wajah karena kandungan antioksidan dan vitamin C-nya. Sedangkan Oatmeal dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan menjadi bahan peeling yang efektif. Sehingga kulit menjadi lebih segar, dingin serta kencang.

Bahan:
* 2 sdm oatmeal
* 100 ml air jeruk nipis

Caranya:
* Campur semua bahan menjadi satu, aduk hingga merata.
* Pulaskan di wajah, kemudian setelah setengah kering massage dengan gerakan melingkar.
* Pulaskan lagi dengan bahan yang masih tersisa, diamkan selama 20 menit.
* Bilas dan keringkan wajah dengan menggunakan handuk, dengan cara menepuk-nepuk.

7. Masker Kunyit Jeruk Nipis
Indonesia terkenal dengan spa dan lulur tradisional berbahan dasar kunyit bahkan warga German juga tertarik dengan spa tradisional yang dapat membuat kulit sehat, halus dan cerah. Dari zaman dahulu kala, warga keraton telah mempercayai kunyit untuk dijadikan jamu-jamuan yang berfungsi untuk tubuh. Kunyit memiliki khasiat sebagai antioksidan tinggi serta dapat mencerahkan dan menghaluskan kulit. Selain itu kunyit mengandung zat anti radang dan anti bakteri sehingga bermanfaat untuk membunuh jerawat dan cepat mengeringkan jerawat. Kunyit dapat dipadukan dengan jeruk nipis berkhasiat ampuh mencerahkan serta memutihkan kulit.

Bahan:
* 1 sdm bubuk kunyit
* 1 sdm susu bubuk
* 100 ml air perasan jeruk nipis

Caranya:
* Campurkan semua bahan, kemudian aplikasikan pada wajah secara merata sampai ke leher.
* Biarkan kering sekitar 20 menit.
* Setelah itu, bersihkan dengan air hangat. Dan akhiri dengan membilasnya menggunakan air dingin.

8. Masker Kunyit Tomat
Kunyit selain memiliki khasiat sebagai antioksidan tinggi dan dapat mencerahkan kulit, tomat juga berkhasiat untuk kulit karena kandungan vitamin C. Dan tomat juga dapat membantu mengecilkan pori-pori.

Bahan:
* 1 buah tomat buah, hancurkan
* 1 sdm bubuk kunyit

Caranya:
* Campurkan dan aduk bahan hingga merata.
* Aplikasikan pada wajah sebagai masker sambil dimassage perlahan. Biarkan hingga kering.
* Bilas dengan air dingin. Dan dapat diakhiri dengan toner dari mentimun agar lebih segar.

9. Masker Kunyit dan Susu
Masker campuran dari kunyit dan susu dapat membantu memutihkan serta mencerahkan kulit. Karena susu baik untuk melembabkan secara maksimal serta menghaluskan kulit.

Bahan:
* 1 sdm susu bubuk
* 1 sdm kunyit bubuk
* 50 ml air

Caranya:
* Aplikasikan masker pada wajah dan biarkan hingga kering.
* Biarkan hingga 10-20 menit sebelum kemudian dibilas dengan air dingin.



10.Masker Kentang

Bersihkan wajah. Kupas kentang, cuci, parut atau blender, lalu tambahkan beberapa tetes madu, oleskan diwajah, tunggu kurang lebih 15 menit, lalu bilas kembali wajah


11. Masker Paprika

Bersihkan wajah. Cuci, parut atau blender paprika tanpa bijinya, lalu tambahkan beberapa tetes madu, oleskan diwajah, tunggu kurang lebih 15 menit, lalu bilas kembali wajah

12. Masker Tomat

Bersihkan wajah. Cuci, parut atau blender tomat tanpa bijinya, lalu tambahkan beberapa tetes madu atau perasan lemon, oleskan diwajah, tunggu kurang lebih 15 menit, lalu bilas kembali wajah

13. Masker Yogurt

Bersihkan wajah. Ambil 2 sendok yogurt lalu tambahkan beberapa tetes madu, oleskan diwajah, tunggu kurang lebih 15 menit, lalu bilas kembali wajah